OMK harus punya koneksi yang luas dan kuat. 

Sebagai omk kita harus memiliki koneksi yang luas dan kuat dengan omk paroki lain. Tujuannya yaitu agar dalam setia acara yang akan dibuat, agar bisa bekerja sama mewujudkan acara tersebut. Biasanya ini dilakukan oleh pengurus omk terutama ketua omk. Setiap ketua omk diparoki atau distasi mana pun akan sangat membutuhkan omk diparoki lain dalam membuat acara. Mau tidak mau kita harus bekerja sama dengan omk lain agar acara yang dibuat dapat diikuti oleh lebih banyak peserta. Berikut ini tips- tips untuk membuat koneksi setiap omk di Indonesia menjadi lebih mudah.

11.       Buat akun facebook untuk Omk mu.
Anak muda jaman sekarang tentu akan punya facebook. Tidak menutup kemungkan juga yang tua-tua memilikinya. Karena itu, akun facebook sangat penting untuk sebuah OMK. Misalnya saja jika kita akan mengadakan sebuah acara dan kita tiak memiliki kontak dengan OMK X, maka salah satunya kita bisa mencarinya lewat media sosial terutama facebook. Itu akan menjadi lebih mudah jika sebuah OMK memilik akun facebook.

2. Memiliki akun media sosial yang mainstream.
Media sosial tidak hany a facebook saja, banyak sekali media sosial yang beredar dimasyarakat saat ini, misalnya twitter, instagram, atau yang lainnya. Kedua media sosial tersebut sangat populer di kalangan anak muda. Jika omk kita memiliki akun twitter dengan instagram tentu akan mempermudah seseorang untuk berkomunikasi dengan mudah. Kita bisa mengupload foto atau video yang berkaitan dengan OMK kita diakun tersebut. Biasanya itu akan dinilai orang kalo OMK ditempat kita masih aktif dan eksis.

33.  Berkunjung ke OMK terdekat.
Berkunjung ke krabat OMK terdekat juga bisa berguna untuk membangun koneksi yang kuat dan luas. Biasanya saat kita bertemu dengan teman-teman OMK paroki lain akan terjadi pembicaraan atau obrolan seputar kegiatan terkini yang dilakukan masing-masing OMK. Didalam obrolan itu tentu akan tercipata beberapa ide untuk mengadakan acara bareng. Selain itu, kita juga bisa meminta kontak OMK lain yang mungkin bisa dihubungi. Satu persatu tentu kita akan semakin mudah untuk berhubungan satu sama lain.

44. Mengadakan Acara tingkat Keuskupan
Kalau mau mempunyai banyak koneksi dan kenalan secara cepat, kita harus berani membuat sebuah acara tingkat keuskupan. Hal ini memang sangat menarik dan menantang. Karena menyiapkan acara sebesar itu tidaklah mudah dan gampang. Biasanya acara sebesar ini membutuhkan biaya dan tenaga yang besar. Acara sekelas itu juga membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi. Panitia juga harus kompak karena peserta yang iku bukan ratusan lagi bahkan ribuan. Tetapi jika acara ini berhasil, akan mendapatkan sorotan penuh dari OMK mana pun. Dan tentu saja OMK kita akan dikenal orang dan memungkinkan orang untuk mengajak kita membuat sebuah acara yang sama dengan tempat yang berbeda. Ini akan membuat kita memiliki koneksi dan hubungan yang baik dengan omk paroki lain.

55. Meminta bantuan pastur paroki untuk mencari kontak paroki tertentu.
Biasanya pastur paroki kita memiliki kenalan yang luas, dan biasanya sesama pastur juga memiliki hubungan yang baik. Dengan bantuan Romo, tentu kita akan lebih mudah untuk mendapatkan kontak seorang dari paroki lain. Ini akan menjadi mudah untuk mengajak paroki lain membuat acara bersama dengan OMK kita.

Seoga apa yang kita rencanakan selalu diberkati Tuhan.. Amin

Post a Comment

 
Top