Selamat siang sahabat OMK dimana pun kalian berada,

Tentu kita pernah membuat acara kan? Apakah kita selama ini membuat proposal untuk acara tersebut?
Fungsi proposal sangatlah penting yaitu untuk mencari dana dan sekaligus memperkenalkan kepada Romo  dan orang tua kita kalau kita akan mengadakan sebuah acara, proposal ini juga digunakan untuk mencari bantuan dana dari pengusaha atau instansi pemerintahan atau yang berbau-bau resmi gitu deh.

image from :sweetpineappletoday.blogspot.com

Proposal ini bisa digunakan untuk meminta dana diperusahaan-perusahaan terdekat diparokimu, atau instansi pemerintah dan juga pengusaha-pengusaha katolik yang ada didaerahmu. Isi dari proposal yaitu berisi tentang tema acara, pengurus dan panitia-panitia, estimasi dana yang akan digunakan, dan rincian dana yang akan digunakan.

Proposal ini biasanya berisi tentang rincian acara yang akan kamu buat

  • nama kegiatan
Menjelaskan kegiatan apa yang akan kamu lalukan. Usahakan sejelasmungkin dan tidak terlalu bertele-tele. Dan berikan ajakan kepada calon donatur agar kegiatan kamu diadakan dibawah naungan gereja katolik.

  • latar belakang
Latar belangkang berisikan tentang asalusul sebab akibat dari kegiatan yang akan kamu lakukan. Misal saja karena omk ditempat mu tidak aktif, untuk mengaktifkan kembali dibuatlah acara ini. Jelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh calon donatur.


  • tujuan
Tujuan nya apa. Tujuan sebaiknya jangan diletakan dilatar belakang. Tujuan harus jelas dan bersifat mengikat dan kontinyu. Karena jika acara ini berhasil, maka akan memungkinkan lagi untuk membuat acar selanjutnya dengan dinatur yang sama. Donatur tidak akan kecewa jika acaranya berjalan dengan lancar.


  • jenis-jenis kegiatan
Jenis kegiatan ini berisikan tentang susunan kegiatan yang akan berlang. Rundown acara harus jelas dan mudah di mengerti. Susunan acara ini nanti yang akan menjadi pegangan kamu untuk membatasi waktu agar step by step acara bisa tepat waktu.


  • panitia pelaksana
Panitia pelaksana berisikan tentang susunan panitia yang bertanggung jawab atas acara tersebut. Dari sususnan panitia ini nantinya akan menjadi tanggung jawab masing -masing tugas. Sebisa mungkin untuk membentuk susunan panitia yang ideal. Yaitu tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Pilihlah orang-orang yang mempunyai tanggung jawab tinggi.

  • waktu dan tempat pelaksana
Waktu dan tempat dimana acara akan dilaksanankan.


  • jadwal kegiatan
Rundown dari acara ini.


  • biaya
Rincian biaya untuk mendanai acara ini. Usahakan survey pasar dulu agar anggaran kalian tidak meleset jauh. 

Dari proposal yang kamu buat, jika beruntung kamu akan mendapat dana dari donatur yang membaca proposalmu. 

Post a Comment

 
Top