Ingin membuat OMK ditempatmu tetap exis?? banyak cara loh agar OMK yang ada diparokimu tetap Exis dan terkenal di keuskupanmu. Dengan cara-cara ini mudah-mudahan kita dapat semakin bersaudara dan memiliki banyak relasi tentunya. Dari pada termenung dan manyun memikirkan acara apasih yang cocok untuk OMK didaerah kota atau didesa?

Baik, saya akan mencoba untuk membedakan acara berdasarkan letak geografis wilayah yang kamu punya. Mulai dari yang berskala kecil, sampai yang bersekala besar.

Kenapa sih harus dipisahkan kota dan desa? karena lingkungannya emang udah beda teman, dikota itu biasanya orang-orangnya lebih sibuk dan banyak kegiatan urusan masing-masing, nyari dana nya mudah karena mereka rata-rata memiliki penghasilan yang tinggi tetapi memiliki tempat yang minim untuk berkumpul dan segalahal harus memakai uang atau sewa ini dan itu. Sedangkan di desa lebih memiliki anggota yang utuh dan mau diajak kerjasama(dikota juga bisa kerjasama loh ya), biasanya memiliki dana yang sedikit, tetapi dengan bantuan dari masyarakat desa(biasanya bukan bentuk uang) mereka bisa mencari dana sendiri, dan biasanya mereka memiliki tempat-tempat umum yang menunjang untuk diadakan suatu acara tanpa harus menyewa.



1. Olahraga bareng.

 image from : aanblide.blogspot.com

Acara ini bisa dilakukan dilingkungan manapun, didesa maupun dikota. Acara ini sederhana tetapi mengikat, mengikat dalam artian akan terus terikat relasinya sehingga jika ada acara yang sama maka akan saling bergantian mengundang.

 image from : malangtimes.com

Kalian bisa mengundang OMK paroki lain untuk menjalin hubungan yang harmonis. Hal ini nantinya dapat memberi ide acara lain, karena kalian akan saling mengevaluasi acara ini dan membuat acara yang lebih oke lagi.

2. Ziarah bareng. 

Ziarah bareng merupakan acara yang ideal untuk dilakukan dengan OMK paroki lain, emang kenapa sih?? karena ziarah bareng merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh OMK pada umumnya. Acara yang paling mudah dan sederhana dibuat yaitu ziarah ke Gua Maria.

image from : klikhotel.com

Ziarah dapat dilakukan diberbagai tempat, misalnya saja berkunjung ke Gua Maria, tempat retret, makam para imam, atau ke gereja tertentu. Tujuan yang paling mendasar yaitu agar semangat untuk berkumpul dan berdoa itu dikuatkan atau dinyalakan kembali. Selain itu juga agar relasi kita ke sesama OMK semakin terjalin dengan baik.


3. OMK Goes To Village.

Istilah lainnya yaitu Live in di pedesaan. Kita akan tinggal beberapa hari di rumah penduduk didesa yang akan kita tempati. Biasa nya Omk yang akan mengedakan acara ini yang tinggal di daerah perkotaan. 



Bagi kalian yang ingin merasakan sensasi hidup dilingkungan desa yang sejuk, acara ini patut kalian coba. Bingung masalah dana?? Simak blog saya yang terdahulu ini cara efektif menggalang dana.



4. Pendalaman iman anak-anak dan OMK

Mengadakan acara pendalaman iman untuk anak-anak dan OMK akan memberikan nilai plus untuk OMK diparoki mu, kenapa?? Karena orang tua akan lebih percaya akan loyalitas OMK untuk mengembangkan iman mereka dan anak-anak tentunya. Orang tua tidak akan segan untuk membantu memberikan dana yang kalian butuhkan.

image from : parokisantomateus2.blogspot.com

Pendalaman iman anak ini bisa digunakan untuk sarana berkumpulnya anak-anak dengan teman separoki untuk menambah teman dan pengalaman mereka dalam berinteraksi terhadap sesama.


image from : biryakubus.blogspot.com

5. Buat acara Natal dan Tahun Baru

Acara ini akan membuat OMK ditempatmu akan semakin eksis dan dikenal orang tentunya. Dengan mengundang OMK yang ada diparoki lain akan menambah eksistensi. Malam tahun baru akan menjadi malam puncak untuk acara ini.

image from : mudikakatedraljakarta.blogspot.com

Untuk konsepnya kalian bisa melihat salah satu referensinya nih. konsep acara natal dan tahun baru.


f.a.

Post a Comment

 
Top