Cara menggalang dana untuk mengadakan sebuah acara.

“OMK harus cerdas dan kreatif”
Selamat malam sahabat OMK , selogan diatas rasanya harus dimiliki oleh setiap omk  karena dewasa ini perkembangan teknologi komunikasi memang sangat cepat sekali. Siapa sih yang gak punya gadget hari ini? Setiap omk tentunya punya hape dong, walau pun hanya bisa kirim SMS dan juga menelpon saja. Nah, admin akan berbagi tips-tips menggalang dana untuk kalian penggerak OMK.

       1. Menggalang dana saat selesai Misa.
OMK harus berani nih untuk menggalang dana setelah misa berakhir, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan saat momen ini ada.
a.       Menggunakan kardus dengan di kasih keterang kita sedang menggalang daa untuk acara tertentu.
b.      Berjualan makanan dengan memakai kardus yang sama dengan diatas (a).
c.       Berjualan alat-alat rohani (ex. Rosario, buku-buku doa, dll)

Momen ini akan sangat menguntungkan sekali untuk kita menggiat dana Omk. Karena cara ini efektif untuk menggalang dana untuk acara apapun. Apa lagi dengan gereja-gereja diperkotaan. Karena umat diperkotaan rata-rata income nya sudah besar jadi mereka tidak berat tangan untuk memberikan beberapa untuk kita. Tetapi buat kita yang berada dipedesaan tidak usah kawatir, umat juga tahu kondisi kita yang dipedesaan. Gereja dipedesaan akan lebih banyak dibandingkan diperkotaan.makanya itu kita juga harus bentuk tim untuk melakukan tips-tips diatas.



2   2.  Jadi Tukang parkir gereja.
Berkaitan dengan cara diatas, kamu harus melakukannya bersama-sama. Jadi tukang parkir tidak lah sulit juga tidak gampang. Tanggung jawabnya sangat besar. Selain itu, kamu juga harus merapikan possisi kendaraan yang berantakan agar rapi. Karena kendaraan yang berantakan juga akan memakan tempat yang lebih banyak. Umat yang akan melihat kita berusaha akan memberi sesuai dengan yang kita usahakan kok. Susai dengan pepatah “ usaha tidak akan menghianati hasil”.

3 3. Menjadi pengisi musik direstoran.
OMK tidak bisa main musik??tidak bisa bernyanyi?? Ahh..ketinggalan jaman :D. Jadi omk harus kreatif, banyak yang bisa kita pelajari loh. Gunakan apa yang ada digereja untuk belajar bersama. Misalnya gitar organ dan yang lainnya bisa kita pelajari bareng-bareng. Apa lagi sekarang sudah ada youtube. Kita bisa mengakses apap saja di media youtube. Tips diatas kayaknya hanya bisa dilakukan diperkotaan deh. Karena biasanya dikota lebih banyak restoran yang menyediakan live music. Jadi jangan malu untuk mengumpulkan uang dengan cara ini. Pemilik perusahaan juga bakalan memberi apa yang kita tampilkan, kalau bagus ya dikasih banyak, kalo pas-pasan ya dikasih pas-pasan juga. Karena “ hasil akan sesuai usaha”.



44. Jualan daging Babi untuk umat Katolik dan kristen dilingkungan kita
Tips yang ini sedikit ekstream ya teman tapi tidak mainstram dong :D. Memang awalnya kita perlu modal untuk melakukan tips ini. Tapi akan sangat kelihatan hasilnya nanti. Karena mayorita masyarakat gereja lebih suka daging ini ketimbang daging yang lain, apa alasannya?? Karena dagingnya lebih mura dan enak. Kita bisa menjualnya dalam bentuk daging mentah ataupun sudah matang. Tidak hanya umat gereja saja loh yang bisa kita tawarkan daging ini. Masyarakat hindu juga mau kok, mereka biasa mengkonsumsi ini sama seperti kita. Selamat mencba kawan.

5.5 Membuat proposal untuk pengusaha seiman.
Untuk mendapatkan dana yang cukup besar, buat saja sebuah proposal acara untuk perusahaan-perusahan atau toko-toko besar milik orang-orang gereja. Datang langsung kekantor atau tempatnya dan segera beri proposal yang kita buat.  Nah dari proposal ini, jika beruntung kita akan mendapatkan dana yang kita butuhkan. Yang terpenting adalah setelah acara kita selesai, sebaiknya kita memberikan donatur pertanggungjawaban acara itu. Jadi tahun depan jika akan ada accara serupa, mereka akan percaya kepada kita untuk memberikan dana mereka lagi untuk acara kita itu.

66. Iuran bersama-sama.
Iuran ini menjadi jalan terakhir ya untuk mendapatkan dana. Meskipun dalam setiap acara selalu ada IDR atau uang pendaftaran, iuran juga sangat diperlukan agar dana yang dibutuhkan dapat tercukupi. iuran biasanya dilakukan oleh tuan rumah untuk keperluan awal. Sebagai tuan rumah tentunya kita ingin acara yang kita buat dapat bercalan dengan lancar.

Berikut tips-tips yang bisa admin berikan untuk kamu OMK dimana pun berada.

Post a Comment

 
Top