Halo sahabat.
Anda lagi disekitaran Lampung? Ada baiknya mengunjungi beberapa tempat ziarah berikut ini. Meskipun letaknya tidak berdekatan, tempat-tempat ini menawarkan suasana doa yang mempunyai ciri khas masing-masing. Mungkin beberapa diantara Anda sudah pernah mengunjungi tempat-tempat berikut ini, dan mempunyai pengalaman menarik, ada baiknya Anda dapat men-share melalui komentar di blog saya ini.

      1. Goa Maria Pajar Mataram
Tempat ziarah ini terletak didesa Pajar Mataram atau Merapi (karena masyarakat setempat imigran dari lereng gunung merapi) di kabupaten Lampung Tengah. Tempat ini dapat ditempuh dari Bandar Lampung sekitar 2,5 jam. Goa Maria Pajar Mataram menawarkan pemandangan klasik yang mengesankan. Mulai dari area persawahan, kolam, sungai sampai melewati makam Katolik didesa setempat. Goa Maria ini menjadi lebih indah saat anda melewati area persawahan. Biasanya penduduk setempat menanam beberapa jenis tanaman musiman misal jagung, padi atau singkong. Tak jarang juga penduduk menanam sayur-sayuran untukdijual dipasar. Pengunjung juga dapat membeli langsung sayuran yang dipanen oleh petani setempat. Goa Maria ini merupakan kampung halaman penulis.
Dan penulis pernah mengalami sebuah kejadian luarbiasa tempat ini. Jika anda ingin mengadakan live in disini sangatlah bisa karena disekitar gereja dan gua maria, masyarakat Katolik disini cukup banyak dan tinggal menggerombol kurang lebih ada 600 kepala keluarga.

Rute yang ditempuh jika anda berada di Bandar Lampung jika 

A.       Naik Bis umum:
Anda bisa naik mobil Bis Puspa Jaya Atau kencana yang jurusan Unit 2, Kota Bumi, Krui, liwa, muara 2 di terminal raja basa bandar lampung. Dari situ anda tanya dengan kondektur Bis itu apakah lewat Bandar Jaya. Jika sudah naik, biasanya akan membayar biaya naik bis sebesar 15 ribu(perjalanan dari Bandar Lampung ke Bandar Jaya). Jika sudah sampai di Bandar Jaya, akan ada angkot didepan toko Terang jaya (search di google maps toko terang jaya). Angkot ini biasanya jurusan Merapi, Tandus, Vetran, atau PT sugar grup companies. Biasanya membayar ongkos sebesar 15-20 ribu. Setelah sampai dimerapi pastikan anda menengok sebelah kanan, karena ada plank berwarna biru yang bertuliskan GUA MARIA PAJAR MATARAM. Bilang dengan supir angkot jika turun di gang gua maria.

B.      Naik Mobil Atau motor Pribadi 
Anda mengambil jalur ke bandar jaya yaitu melewati Natar, wates, gunung sugih, bandar jaya. Setelah sampai di Chandra superstore bandar jaya, ambillah jalur kekanan kearah Merapi, jika bingung tanya warga sekitar jalur ke arah merapi. Jika sudah dijalan Merapi Raya, terus ikuti jalan besar (aspal) sampai ke daerah pajar mataram (merapi). Nanti akan melihat plang GUA MARIA PAJAR MATARAM (search di google maps GUA MARIA PAJAR MATARAM) disebelah kanan, masuk digang itu, nanti akan ada tanda selanjutnya.  


2. Goa Maria Padang Bulan Pringsewu

Goa maria ini terletak di kabupaten pringsewu yaitu sekitar 2 jam dari bandar lampung. Goa maria ini cukup terkenal karena tempatnya yang cukup hijau. Goa maria ini dikelilingi oleh lingkungan perkotaan yang cukup bersih hanya saja sungai yang melewati gua maria ini agak sedikir bau karen limbah perkotaan yang  lewatinya. Tetapi tidak merusak keindahan dari gua maria ini. Tempat ini sangat cocok jika anda ingin berkunjung secara berkelompok karena dilingkungan ini juga terdapat tempat pemakaman para pastur dan uskup terdahulu. Disekitar pemakaman terdapat sekolah menengah atas katolik yaitu SMA, SMP, SD dan TK Xaverius pringsewu. SMA dan SMP ini menjadi Sekolah primadona dikalangan anak-anak muda katolik dilampung. Jika anda ingin menyekolahkan anak anda disini, jangan kawatir karena ada asrama putri santa Elisabet yang dikelola oleh suster-suster FSGM disana.

Rute jika anda berangkat dari bandar lampung menggunakan kendaraan sendiri (pribadi) menuju kearah pramuka, setelah sampai ke flyover pramuka, ambil jalur kekiri kearah kedong tataan. Lalu lurus hingga sampai ke pringsewu. Tanda jika anda sampai didaerah pringsewu akan menjumpai  tugu bambu selamat datang di area persawahan.

Jika anda ingin naik kendaraan umum dari bandar lampung, naiklah bis puspa jaya arah kota agung. Nanti bilang kekondektur bis jika ingin ke gua maria. Tarif nya berkisar antara 25-30 rb.

Jika anda sudah sampai didaerah perkotaan (ada chandra superstore pringsewu) artinya anda sudah sampai didaerah pringsewu. Ambil jalur lurus hingga melewati irigasi di samping jalan. Akan ada plang Gua maria padang bulan, ambil kekanan masuk sekitar  1km.


3. Goa maria dan Rumah Retret Ngisonando kalianda.

Goa Maria ini terletak didaerah kalianda yaitu ibukota kabupaten lampung selatan. Jarak dari bandar lampung sekitar 2 jam lebih. Dengan perjalanan menggunakan kendaraan umum dapat memilih bis yang bertujuan ke bakauheni. Kurang lebih sekitar 100 meter sebelum samsat Lampung Selatan berada ada plang yang bertuliskan RUMAH KALWAT NGISON NANDO. Goa Maria ini memiliki keistimewaan tersendiri yaitu memiliki tempat penginapan yang bisa digunakan tamu untuk mengadakan acara atau menginap. Dengan adanya tempat retret juga memudahkan kita bermediasi dengan lingkungan sekitar untuk fokus berziarah kepada Bunda Maria. Lingkungan nya berada tidak jauh dari pantai yang menyuguhkan pemandangan indah jika diliat dari menara di bangunan penginapan.


Anda bisa mampir ke pantai dekat tempat ziarah ini setelah selesai berziarah. Pantai kalianda terkenal karena keindahaannya.

Rute untuk kesini sangatlah mudah, jika anda dari bandar lampung bisa naik bis atau travel jurusan bakauheni. Harganya sekitar 30 ribu saja.

4. Goa maria Bunda kerahiman Sekincau

Goa Maria ini memiliki keistimewaan tersendiri, yaitu terletak antara kebun kopi milik susteran dan milik masyarakat. Suasananya sangat sejuk karen berada didaerah berbukitan. Jika anda beruntung, disekitar sekincau terdapat aneka buah-buahan musiman, seperti durian, duku, mangga dan lainnya. Karena letaknya didaerah kebon kopi, tak heran jika anda mencium aroma bunga kopi yang wangi sekali.


Didekat Goa Maria ini terapat air terjun way tenong, yang biasanya tidak sering pengunjung yang datang karena belum terkenal. Air terjun ini memiliki air yang sangat cernih dan sangat dingin. Cocok jika kesana diwaktu siang hari yang terik.

Rute untuk kegua maria ini ada beberapa cara:
a.       Jika anda naik kendaraan pribadi dari Bandar Lampung, berangkatlah menuju arah Bandar Jaya, dan setelah sampai di Bandar Jaya anda akan sampai di Kota Bumi yaitu ibukota Lampung Utara, selanjutnya pilih jalan ke arah Liwa, dari Kota Bumi akan sampai ke daerah Bukit Kemuning, ambilah jalur lurus menuju Liwa. Kurang lebih satu jam dari situ anda akan melewati area perkebunan kopi dengan jalan yang berliku-liku. Lalu anda akan sampai didaerah Sekincai.
b.      Kalau anda ingin naik kendaraan umum, maka pilihlah kendaran yang menuju arah Liwa, karena jalur yang dilewati Sekincau hanya kendaraan umum yang menuju Liwa. Bilang kekondektur jika ingin ke Sekincau. Ke Gereja Santa Clara.

Post a Comment

 
Top