Haai sobat.

Menjadi penggembala Tuhan itu tidak seburuk yang kita pikirkan. Kaarena dari situ keluarga kita malah akan mendapat jamina khusus didunia. Banyak kok Romo-Romo yang mengatakan kalau keluarganya sejahtera meski anaknya menjadi seorang pastur.

Menjadi seorang pelayan Tuhan itu bukan suatu bencana, justru itu suatu berkat karena engkau dipilih secara khusus oleh Tuhan melalui panggilan pelayanan. Jadi jangan khawatir jika engkau ingin menjadi seorang Biarawan atau biarawati hanya takut kalau tidak ada sumbangsih untuk keluarga.

Saat menjadi seorang pelayan Tuhan mungkin engkau akan memiliki kualitas hidup menggereja yang tinggi. Dari situ engkau akan dijamin oleh Tuhan sendiri untuk menjalankan tugas-tugasmu selalama didunia. Jangan khawatir jika engkau takut miskin setelah masuk didunia pelayanan, karena masyarakat katolik pun tahu bagaimana cara untuk memperlakukan seorang pastur atau suster. Kalian akan dijamu pada saat ingin mengunjungi umat, walau tanpa persiapan pun kalian akan tetap dianggap tamu special dimanapun berada.

Saat engkau sudah resmi menjadi seorang Imam atau suster, maka tanggung jawab besar berada dipundakmu. Engkau akan menjaga nama baik gereja dimana engkau bertugas pada khususnya dan menjaga nama baik gereja katolik didunia pada umumnya. Engkau akan membimbing umat setempat menajdi umat yang penuh dengan tantangan, juga anak-anak mereka yang menjadi penerus gereja katolik kita. Engkau akan dianggap gagal jika masalah terjadi di lingkunganmu. Misalnya saja saat dilingkunganmu terjadi pemerkosaan oleh warga gereja, engkau akan menjadi penanggung jawab moral atas masyarakat yang engkau pimpin. Jika engkau memegang tentang keuangan gereja, hati-hatilah karena masyarakat paling tidak suka dengan pastur yang mata duitan.

Tapi disisi lain, kemudahan-kemudahan datang seiring dengan tanggung jawab besar yang engkau pikul. Engkau tidak lagi memikirkan mau makan apa besok? Karena umatmu yang kamu pimpin ini sudah memikirkan apa yangakan engkau makan besok. Mereka biasanyta sudah menyediakan dana khusus makan untuk pastur. Diamanapun engkau berada, engkau pasti akan dijamu oleh umatmu yang sayang sama kamu itu.

Post a Comment

 
Top